Senin, 20 Desember 2010

Desain pembelajaran Matematika SD

RENCANA   PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                     :           Matematika
Kelas / Semester                  :           V/I
Pertemuan Ke                      :           I
Alokasi Waktu                      :           3 x 35 Menit

Standar Kompetensi    :    Menggambar bangun datar dan menetukan kelilingnya.
       I.        Kompetensi Dasar            `:   Menggambar bangun datar dan mencari kelilingnya.

      II.        Indikator                              :         
·         Membedakan gambar segi tiga, persegi dan persegi panjang.
·         Menetukan lebar, panjang, tinggi, alas, dan sisi bangun datar.
·         Menemukan rumus dan menggunakan rumus dalam mencari keliling bangun datar.

    III.        Tujuan Pembelajaran :

 Menemukan cara    menggambar  dan    menetukan keliling  bangun datar.

   IV.        Materi Ajar :

Bentuk gambar dan pengukuran keliling bangun datar.
           
     V.        Metode Pembelajaran      :          
Demontrasi, Latihan, Tanya jawab.


   VI.        Langkah-langkah Pembelajaran  :
Kegiatan Awal     
1.    Apersepsi     :          
Menyampaikan masalah bangun datar dan perbedaan bentuknya seperti segi tiga, persegi, persegi panjang.
2.    Kegiatan inti            :
·         Siswa disuruh memperhatikan cara menggambar bangun datar dan menentukan kelilingnya.
·         Siswa disuruh menemukan lebar, panjang, alas, tinggi, dan sisi bangun datar.
·         Siswa diberikan latihan menggambar dan mencari keliling bangun datar.
3.    Kegiatan akhir         :           Mereview materi yang telah diajarkan, memberikan PR.

  VII.        Alat / bahan dan sumber belajar
·         Buku pelajaran matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M. Khafid, Sutati Erlengga
·         Matematika SD untuk kelas 4, Yuniarto, S.Si, dan Sri Rahayu, S.Pd.
·         White board, papan tulis, proyektor dan lain-lain.

 VIII.        Penilaian
Teknik         : tes dan non tes
Bentuk        : Lisan, praktek dan tertulis

Instrumen tes
1.    Gambarlah bangun datar segitiga siku-siku dengan alas 5 cm, tinggi 6 cm  !
2.    Gambarlah persegi dengan panjang sisinya 7 cm !
3.    Gambarlah persegi panjang dengan lebar 6 cm dan panjang 10 cm !
4.    Tentukanlah keliling bangun datar dari soal 1, 2 dan 3 !





                        Mengetahui                                      Muara Enim, 12 Desember 2010
                 Kepala Madarasah                                            Guru Kelas V


                    Gusnisar, S.Pd                                                Nazaruddin

Pedoman Silabus

Nama Sekolah         :           Sekolah Dasar
Mata Pelajaran        :           Matematika
Kelas / Semester    :           IV / Ganjil

Standar Kompetensi         :
Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar             :
            Menentukan keliling dan luas segitiga, persegi dan persegi panjang.
Materi Pelajaran                  :
            Bangun datar, sisi-sisinya, panjang, lebar, alas dan tingginya.
Kegiatan Pembelajaran    :
·         Menggambar segitiga, persegi dan persegi panjang.
·         Mengamati bangun datar, seperti : segi tiga, persegi dan persegi panjang untuk menentukan unsur-unsurnya.
·         Menentukan keliling segi tiga, persegi dan persegi panjang.
Indikator       :
            Menentukan keliling segi tiga, persergi dan persegi panjang.
Penilaian       :
            Tertulis dan praktek
Alokasi Waktu         :
            3 jam pelajaran
Sumber dan Bahan           :
            Buku teks, gambar bangun datar.
                                                                                    Muara Enim, 17 Desenber 2010
                                                                                                            Guru

                                                                                                        Nazaruddin     
Materi Ajar

A.   Bangun Datar

B.   Rumus keliling Bangun Datar
1.    Segi tiga =  alas + sisi + tinggi / sisi x 3 / 2 x kaki + alas
2.    Persegi  =  sisi + sisi + sisi + sisi / 4 x s
3.    Persegi panjang = lebar + panjang + lebar + panjang / 2P + 2L



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar